Pidato Bahasa Indonesia, Lingkungan Hidup dan Pelestariannya

Just finished my speech-task lately, and just wanna show you all what i've been made in 3days. this speech themed Environtment and Its Preservation

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera
Yang terhormat guru bidang studi yang saya hormati, serta teman-teman sekalian yang saya sayangi.
Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkah dan rahmat-Nya karna kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di kelas ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan berbicara mengenai lingkungan hidup di sekitar kota Balikpapan, terutama pelestarian Lingkungan Hidup.
Sebagai sebagian daripada warga kota Balikpapan kita patut bersyukur, karena lingkungan kota Balikpapan yang terjaga kebersihannya serta para warga masyarakat yang secara individual sadar pentingnya melestarikan lingkungan walaupun hanya melakukan usaha kecil, sebagai contoh buang sampah pada tempatnya. Namun, bagaimana jika kebersihan kota Balikpapan justru sebaliknya daripada keadaan yang sekarang. Bayangkan saja, banjir dimana-mana. Longsor juga dimana-mana. Karna struktur dataran yang ada di Balikpapan kebanyakan adalah perbukitan, dan beberapa merupakan dataran rendah. Bukankah merugikan untuk kelangsungan hidup kita bersama. Kasus banjir sebenarnya menjadi langganan beberapa wilayah di Balikpapan. Namun, pemerintah tidak tinggal diam. Contoh daerah yang menjadi langganan banjir adalah jalan setelah kantor PDAM sekitar DAM. Banjir di daerah tersebut biasanya diakibatkan air yang meluap saat hujan deras dari parit besar di bawah jembatan. Dan pemerintah pun menemukan solusi dengan memperbaiki jembatan yang sebentar lagi akan rampung, serta peninggian jalan raya setelah jembatan.
Selain berhubungan dengan infrastruktur kota, yang lebih penting adalah kesehatan daripada masyarakat. Kesehatan masyarakat sudah pasti terganggu apabila kebersihan di kota tidak terjaga. Masyarakat akan mudah terjangkit berbagai penyakit, seperti diare, demam berdarah, muntaber, dll. Terutama terhadap balita yang rentan terhadap berbagai penyakit.
 Jika kebersihan kota dan pelestariannya kurang digerakkan dan berbagai akibat timbul daripada semua itu, maka siapa yang akan disalahkan? Bukankah kebersihan kota dan pelestariannya adalah tanggung jawab kita bersama. Tidak perlu melakukan hal-hal besar yang mungkin agak merepotkan. Lakukan saja hal-hal sederhana yang selalu diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai jenis, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor jika tidak terlalu dibutuhkan, dan masih banyak lagi.
Maka marilah kita bersama-sama melestarikan lingkungan tempat kita tinggal. Lingkungan sekolah, rumah, bermasyarakat, dan di tempat-tempat umum. Karna kita yang hidup di lingkungan tersebut, maka lingkungan tersebut telah menjadi tanggung jawab kita. Jangan anggap remeh masalah pencemaran lingkungan yang sedang kita hadapi sekarang, kawan. Terutama isu mendunia, yaitu global warming. Sudah banyak fakta yang kalian bisa rasakan sendiri bagaimana efek dari global warming. Semoga kedepannya pelestarian lingkungan di Kota Balikpapan semakin disadari oleh setiap lapisan masyarakat. Semakin banyak penerapan pelestariannya dalam kehidupan sehari-hari, tidak lupa kita harus memulainya dari dalam diri kita sendiri.
Sekian dari saya, mohon dimaafkan jika ada kata yang kurang berkenan dan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi.

0 comments: